Pilih Android atau Blackberry?




Apakah rekan" tahu bahwa di Indonesia dijuluki dengan istilah "Blackberry Nation" dimana basis pengguna terbanyak smartphone blackberry adalah dinegara Indonesia. Melonjaknya smartphone vendor asal Canada ini bukan berarti blackberry adalah smartphone terpopuler di Indonesia. Menurut berbagai sumber bahwa Nokialah yang menjadi ponsel terpopuler saat ini disusul oleh blackberry, Android, Ios, serta Windows phone. Melihat persaingan ini berbagai vendor terus mengembangkan fitur fitur muktahir sehingga performa smartphonenya lebih menyentuh para konsumen.
Pada kali ini saya akan memeberikan sedikit pengalaman, gambaran hanya secara garis besarnya saja. dimana setelah menggunakan dua smartphone ini, yaitu Blackberry dan Android.


BlackBerry OS adalah Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry Sistem operasinya menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen. Setelah kurang lebih 3tahun menggunakan Blackberry dan hingga saat ini dapat saya simpulkan bahwa fitur Social Networking, BBM, Facebook , tiwitter serta emailnya yang sangat menonjol serta terintegrasi dengan sangat baik. Begitupun halnya dengan aplikasi socnet lainnya sperti foursquare dll. Pada intinya untuk manajemen socnetnya smartphone ini sangat baik, sangat menunjang dan cocok jika rekan2 berpropesi sebagai pebisnia, dmna notabenenya adlah smartphone canggih dengan integrasi socnetnya yng sangat mumpuni.

Kesimpulannya 
 PLUS(+) :
  • socialnetworking yang terintegrasi sangat baik.
  • manajemen email yang baik
  • Tersedia pilihan dengan tombol qwerty
  • kapasitas battery yang baik bisa tahan hingga 12jam tergantung OS Firmware
  • design yang elegant
Minus(-) :
  • Sering Keluar jam Pasir
  • Proses restart lama
  • Kamera ponsel kurang berkualitas
  • Ketersedian aplikasi serta game yng kurang

Sementara Smartphone yng berlogo robot Ijo (Android) sejauh pengalaman saya yng kurang lebih 4 bulan saya menggunakannya sampai dengan saat ini memberikan banyak kejutan dan pengalaman yang menakjubkan.bukan tidak karena Android besutan google ini sistem operasinya berbasis linux dan bersifat open source. Dimana source codenya tersebar dan tersedia bebas, sehingga nanti bisa dimanfaatin oleh programmer maupun developer untuk berkreativitas dalam membuat /mengembangkan Aplikasinya di OS Android. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi para pemula yang hobi ngoprek ingin mengetahui lebih jauh OS Android ini, Karena di Android disamping kita menggunakannya kitapun bisa belajar memahami baik OSnya maupun aplikasi2nya. Hampir semua program yng tersedia di windows os bisa anda temukan aplikasinya di Android, Tambahan fitur2, perbaikan Ditiap versi Os Android, serta ketersediaan aplikasi dan gamenya yang sudah sangat jauh memadai dan berkualitas Membuat konsumen makin dimanjakan akan os ini.

Kesimpulan
Plus(+)
  • Open Source
  • Ketersediaan Aplikasi yng jauh memadai dan berkualitas ketimbang blackberry 
  • para pengembang tak henti2 memperbaiki dan menambah aplikasi
  • Variatif, Tersedia dgn bermacam2 merek perangakat
  • bebas mengcustom ROM OSNya cocok untuk yng hoby mengoprek
  • Harga Terjangkau
  • Terintegrasi dengan seluruh layanan google.
Minus(-)
  • hingga saat ini keluhanya hanya pada battery saja yg agak boros, serta tidak tersedia tombol fisik qwerty dan saya rasa ini relatif dan bukan masalah. 
So..? baik Andorid maupun Blackberry patut menjadi pertimbangan pilihan anda atas smartphone saat ini, yang menawarkan akan fitur dan kelebihan akan osnya yang berkelalas dan mumpuni ditengah persaingan teknologi smartphone saat ini.  

Semoga Bermanfaat


Author » Unknown
Post Title » Pilih Android atau Blackberry?
Post Url » http://www.zulmaseke.web.id/2012/06/pilih-android-atau-blackberry.html
Time » Senin, Juni 18, 2012
Responds » 0
Labels » ,

Artikel Terkait:

Posting Komentar
 

About Me

foto saya
Im Zulkiliyanto M. From Gorontalo North Sulawesi, I am a simple interested in new and useful things, hopefully get a new experience to innovate to create more advanced. Sharing is fun.[...]

Pengikut

Visitor


free counters