Tips Menggambar Dengan Multiline Pada AutoCAD




Multiline Style
Salam hangat RR(rekan - rekan), serta pengunjung setia blog sederhana ini, kali ini saya mencoba berbagi tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi para Pemula. AutoCAD memang sudah tidak asing bagi para pecinta desain, namun untuk memanfaatkannya secara maksimal  perlu ada pengaturan khusus  sehingga nanti dalam perencanaan tidak banyak menyita waktu kita. AutoCAD banyak membantu dalam perencanaan suatu bangunan, menuangkan ide" kita dalam sebuah gambar digital. Beberapa perintah dasar  yang sering kita gunakan pada perintah gambar 2 Dimensi diantaranya yaitu Multiline. Multiline  sendiri digunakan untuk membuat garis ganda, dan pada umumnya digunakan dalam pembuatan objek Dinding, Balok, Saluran , dll. Pada postingan kali ini Tips dalam menggambar Dengan Multiline pada AutoCAD bisa langsung anda praktekan, postingan ini juga saya lengkapi dengan gambar agar lebih mudah diphami. Simak step by step dalam pembuatan objek dengan Multiline beserta pengaturan stylenya :

Contoh dibawah ini saya mengambil objek Dinding, dengan ketebalan dindingnya 15cm dengan skala gambar 1 : 100.
  • Untuk memmanggil Multiline ketikkan "ML" pada command line Lalu Enter, kemudian ketik kan J untuk Justificationnya, lalu Enter. 

Setelah itu akan tampil lagi parameter justificationnya dengan 3 pilihan setting [Top/Zero/Bottom] ,untuk Top garis gambar acuannya akan menempel diatas , Zero ditengah sedangkan Bottom di bawah, karena kita mengacu pada garis AS maka cukup anda ketikan Z lalu enter.


Langkah berikutnya setelah anda mengetikan Z dan enter maka akan disodorkan lagi specify start point,cukup anda mengetikkan S lalu enter, dimana S adalah skala dari objek diniding. 


Langkah Terakhir memberi nilai pada objek dinding cukup dengan mengetikkan 15 lalu enter. gambarkan pada bidang gambar sesuai dengan kebutuhan perencanaan anda. oh iyaaa. 15 ini merupakan ketebalan dindingnya yaitu 15cm. 


Sampai dengan tahap ini anda sudah bisa menggambar objek ganda dengan Multiline, dengan parameter standar AutoCAD. Hasil dari pengaturan diatas  bisa lihat pada gambar dibawah.



Selanjutnya anda bisa menambahkan garis ganda pelesteran dengan melakukan pengaturan pada parameter Multiline Style dengan cara manambah style atau membuat style baru. simak penjelasannya berikut :
  1. Pada baris Command line anda tuliskan "mlstyle" tanpa tanda petik. Bisa juga pada baris menu Format,  lalu pilih Multiline Style.





  2. Klik Menu "New" lalu pada New Style Name ketikkan Nama "Dinding" atau bisa juga nama lain tergantung kebutuhan object gambar Anda. setelah itu klik Continue.






  3. Pada tab menu New Multiline Style : DINDING terdapat sub menu Elements, atur nilai pada Offset untuk ketebalan dinding, untuk merubah warna pada Color, serta mengubah jenis garis pada Linetype. khusus objek dinding lakukan pengaturan  sbb:

  4. Offset : "0.5", "0.3667", "-0.5","-0.3667" Klik OK untuk Mengakhiri pengaturan. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.



    Dengan melihat gambar diatas pastinya rekan - rekan dapat memahaminya. Untuk nilai 0.5 sendiri didapat dari 1 dibagi 2, mengapa 1? karena nilai 1 ini mengacu pada ukuran tebal dindingnya yaitu 15cm dengan skala 1 : 100,  jadi nilai 1 itu sama dengan nilai 15. untuk nilai 3,667 hasilnya didapatkan dari 11 dibagi 30, mengapa ? karena 15 dibagi 30 = 0.5.




  5. Langkah Terakhir, Style Dinding yang anda buat akan tampil pada list Style, untuk mengaktifkan style Dinding ini cukup dengan mengarahkan cursor ke style Dinding dan selanjutnya klik Set Current dan diakhiri dengan mengklik OK. LIhat Gambar dibawah



  6. Sekarang RR dapat menggambar multiline dengan style yang telah dibuat diatas, terlihat perbedaan disaat menggambar multine tanpa style dengan style yang telah kita setting terlebih dahulu.

Mohon Feedbacknyanya bagi RR yang mungkin ada masukan saran bahkan kritikan sekalipun, sampaikan melalui form Komentar dibawah. Jika RR merasa ini menarik dan bermanfaat mohon kiranya kesidiaanya untuk dibagi dengan menggunakan social share(Facebook,Twitter,Email,etc) pada kolom social share di bawah postingan ini.

Sekian Semoga Bermanfaat.
Regards



Author » Unknown
Post Title » Tips Menggambar Dengan Multiline Pada AutoCAD
Post Url » http://www.zulmaseke.web.id/2012/12/tips-menggambar-dengan-multiline-pada.html
Time » Rabu, Desember 05, 2012
Responds » 0
Labels » , ,

Artikel Terkait:

Posting Komentar
 

About Me

foto saya
Im Zulkiliyanto M. From Gorontalo North Sulawesi, I am a simple interested in new and useful things, hopefully get a new experience to innovate to create more advanced. Sharing is fun.[...]

Pengikut

Visitor


free counters