Keindahan




Keindahan atau estetika berasal yunani “Aestetika” yang berarti hal-hal yang dapat diserap oleh panca indera pertama kali digunakan oleh Alexander Gottlieb Baumgarten pada tahun 1735. Estetika pada zaman dahulu dikenal sebagai ilmu filsafat yang lambat laun berkembang menjadi hal-hal yang ilmiah yang juga membicarakan masalah seni dan keindahan serta pengalaman estetika.
Estetika tersebut mempunyai suatu jawatan yang besar, sehingga di yunani timbul teori-teori estetika. Estetika dikaitkan dengan tata-atur. Seorang ahli yang menyusun teori tentang estetika yaitu De Witi Hiparker, meneliti teori-teori estetika seperti:

  1. Teori Objektif
Keindahan adalah sifat atau kualitas yang telah melekat pada suatu objek yang bersangkutan.
  1. Teori Subjektif
Keindahan itu hanyalah tanggapan perasaan pada diri seseorang yang mengamati suatu benda, keindahan bergantung pada penyerpan dan persepsi pengamat terhadap benda yang diamati.

Estetika filsafat : masih ancient (filsafat keindahan)
Estetika alamiah : modern atau revolusi industri

Di yunani bentuk/ aturan yang diperhitungkan sehingga muncul Golden Section, yaitu perbandingan 3:5, merupakan bentuk yang indah untuk dilihat, keindahan ditangkap berdasarkan kesetimbangan lingkungan yang sarat dengan simbolik-simbolik.



Author » zul
Post Title » Keindahan
Post Url » http://www.zulmaseke.web.id/2010/12/keindahan.html
Time » Sabtu, Desember 04, 2010
Responds » 0
Labels » ,

Artikel Terkait:

Posting Komentar
 

About Me

foto saya
Im Zulkiliyanto M. From Gorontalo North Sulawesi, I am a simple interested in new and useful things, hopefully get a new experience to innovate to create more advanced. Sharing is fun.[...]

Pengikut

Visitor


free counters