Membuat dan Mesan Fovicon Blog




Favicon atau favourite icon adalah sebuah ikon yang berhubungan dengan situs Web atau halaman Web tertentu yang ditampilkan dalam address bar browser di samping URL situs. Favicon biasanya berupa logo atau foto yang berhubungan dengan sebuah website atau blog. File Favicon berekstensi .ico yang dihasilkan dari file gambar seperti jpg, png, gif dll.

Fungsi favicon mungkin hampir sama dengan logo blog untuk memperkuat image nama/merk agar orang lain tidak lupa dengan blog kita. Contoh gambar favicon seperti ini:



Untuk membuat favicon sebenarnya mudah, anda bisa memakai tool yang bertebaran diinternet yang bisa merubah file gambar(jpg,png,gif) menjadi file favicon.ico untuk favicon blog atau website anda.

Berikut ini beberapa tool untuk membuat favicon:

1. http://www.crankberryblog.com/tool/favicon-generator.php
Disitus ini anda bisa membuat custom favicon menurut keinginan, karena sudah disediakan bidang kotak-kotak untuk membuat favicon.



2. http://www.favicon.cc
Sama seperti situs diatas, anda bisa membuat favicon sendiri ataupun mengubah dari file gambar ke file favicon.ico.



3. http://tools.dynamicdrive.com/favicon
Kalau yang ini, anda hanya bisa merubah dari file gambar ke favicon dengan memilih file gambar seperti jpg, gif, png dll lalu menguploadnya . Setelah itu klik create icon dan dalam sekejap favicon sudah berhasil dibuat dan siap didownload ke komputer anda.



4. http://www.htmlkit.com/services/favicon
Di htmlkit juga menyediakan tool untuk merubah gambar menjadi file favicon.ico.



5. http://www.faviconmaker.org
Seperti dinamicdrive dan htmlkit, situs ini juga menyediakan tool untuk mengkonversi file gambar menjadi favicon.



Setelah favicon berhasil dibuat dan didownload, langkah selanjutnya adalah mengupload favicon ke hosting. Anda bisa mengupload favicon ke hosting sendiri atau ke hosting gratisan. Saya sendiri menggunakan hosting gratis dari zymic untuk keperluan upload favicon dan beberapa file javascript. Gunakan software FTP untuk mengupload favicon atau melalui Control panel hosting.

Langkah selanjutnya yaitu memasang kode favicon ke blog atau website. Cara pasang di blogspot sebagai berikut:



  • Login ke blogger, pilih layout->edit HTML
  • Cari kode ]]> lalu masukkan kode berikut ini dibawah kode ]]> :

Sesuaikan alamatfavicon dengan alamat tempat anda mengupload favicon lalu simpan template dan lihat hasilnya. Cara tersebut diatas sekaligus mengganti favicon standar blogspot(blogger).

Selamat mencoba dan sampai jumpa.


Author » Unknown
Post Title » Membuat dan Mesan Fovicon Blog
Post Url » http://www.zulmaseke.web.id/2010/12/membuat-dan-mesan-fovicon-blog_07.html
Time » Selasa, Desember 07, 2010
Responds » 0
Labels »

Artikel Terkait:

Posting Komentar
 

About Me

foto saya
Im Zulkiliyanto M. From Gorontalo North Sulawesi, I am a simple interested in new and useful things, hopefully get a new experience to innovate to create more advanced. Sharing is fun.[...]

Pengikut

Visitor


free counters