Bekerja Dengan Layer di AutoCAD




Kemarin teman nanya apa sih itu tool layer pada autocad serta ap fungsinya. Saya langsung menjawabnya sekalian langsung saya prakteein. gak berselang beberapa jamnya ekh dianya Lupa x_x. Nah agar dianya gak lupa  serta gak balik - balik nanya sengaja saya menulisnya di blog sehigga bisa langsung dilihatnya dan nanti bis juga dipelajari oleh teman - teman yang mungkin membutuhkannya. oh yaa postingan ini dikhususkan buat para pemula, yang mungkin butuh penjelasan lebih, sehingga bisa langsung dipahami. Cekidot 

Untuk mempermudah dan mengelompokkan object - object pada AutoCAD kita harus menggunakan Layer sehingga nanti dalam memilah / manampilkan serta menyembunyikan object sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Misalakan dalam satu contoh didalam sebuah perencanaan kita menggambar denah Rumah dan nanti pada denah tersebut terdapat beberapa object didalamnya seperti Dinding, Kolom Praktis, PJV(pintu jendela ventilasi), Furnitur, Hatch  Rencana Atap, serta Teks(saya gabungkan Text dengan dimensionnya), untuk namanya gak harus seperti yang telah saya sebutkan diatas, terserah teman - teman mau kasih nama apa, pada dasarnya tergantung kebutuhan dan fungsinya. 

Untuk object Dinding di buat layernya dengan nama Dinding dan seterusnya hingga layer Teks.untuk mengeksekusinya teman - teman bisa langsung mengkilik Menu Format dan pada tab pertama kilik layer, atau pilih layer. 
  • Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

Screen Shot Project RT
  • Pada tampilan Tab Layer Properties Manager klik icon new layer atau bisa langsung anda mengetikkan tekan alt+n secara bersamaan. Perhatikan Gambar dibawah anda bisa langsung mengatur warna object, jenis garis, serta ketebalan garis object. tergantung kebutuhan dan fungsinya.
Layer Properties Manager
  • Menampilkan Toolbar Layer sebulum nanti menempatkan object ke layer yang dimaksud. untuk menampilkannya bisa langsung klik kanan pada area kosong toolbar, lihat gambar untuk lebih jelasnya.

  • Setelah Object dinding dan Layer dinding dibuat. sekarang tinggal menempatkan object dinding ke layer dinding. dengan cara blok object dinding dan kilik layer setelah itu akan tampil list layer yang telah dibuat, klik layer dinding dan lihat hasilnya. Perhatikan lagi gambar dibawah. 
Menempatkan Object Ke Layer dinding

  • Untuk menyembunyikan dan menampilkan layer, tinggal mengklik icon lampu. setelah itu lihat hasilnya lihat gambar dibawah.


Sampai disini saya rasa teman - teman sudah bisa mengikuti dan memahaminya. agar lebih dipahami silahkan langsung diprakteiin. Untuk object yang lainnya silahkan diikuti saja step diatas. silahkan menempatkan object sesuai dengan layer yang teman - teman buat. Jika teman - teman masih belum paham, bingung, tanyakan dengan mengisi form komentar. saya akan menjawabnya dengan pengetahuan yang saya miliki. Oh yaa jika saya keliru mohon koreksinya. 

Salam

Author » Unknown
Post Title » Bekerja Dengan Layer di AutoCAD
Post Url » http://www.zulmaseke.web.id/2012/02/bekerja-dengan-layer-di-autocad.html
Time » Rabu, Februari 22, 2012
Responds » 1
Labels » ,

Artikel Terkait:

+ comments + 1 comments

Anonim
Jumat, 24 Februari, 2012

tuor utk 3 dimensi dooong....

Terimakasih Anonim atas Komentarnya pada Bekerja Dengan Layer di AutoCAD
Posting Komentar
 

About Me

foto saya
Im Zulkiliyanto M. From Gorontalo North Sulawesi, I am a simple interested in new and useful things, hopefully get a new experience to innovate to create more advanced. Sharing is fun.[...]

Pengikut

Visitor


free counters